PERPUSTAKAAN DAN LITERASI GRIDUTA

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Kunjungan
  • Masuk Login
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Bahasa Jepang Melayu Persia Russian Thai Turkish Urdu

Search by:

All Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pendamping Kegiatan Anak

Text

Pendamping Kegiatan Anak

Ervin Yudhi Aryani, S.Pd. - Personal Name;

Masa anak usia dini merupakan masa yang sangat peka terhadap sesuatu yang didapatkan dari lingkungan sekitar. Pada masa tersebut anak usia dini berkembang dengan pesat atau dikenal dengan masa golden age. Masa golden age adalah masa saat anak mudah menyerap segala informasi dan perlakuan yang ada di sekitarnya baik dari orang dewasa maupun teman sebaya. Masa-masa tersebut adalah masa kritis sehingga anak membuntuhkan rangsangan-rangsangan yang tepat baik dalam bentuk latihan atau proses stimulasi.

Anak membutuhkan stimulasi dari lingkungan anak terutama lingkungan keluarga. Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi proses perkembangan anak untuk membentuk pondasi pembentukan karakter anak. Pendidikan berawal dari keluarga yang dijadikan panutan/teladan utama bagi anak. Segala sikap, prilaku, ucapan, orang tua akan dijadikan pusat pembelajaran awal anak, dengan demikian orang tua harus cerdas menstimulasi dan berinteraksi dengan anak.

Pengasuhan dalam keluarga dilakukan dengan tepat sesuai usia anak agar segala aspek perkembangan berkembang secara optimal. Ada banyak hal yang dapat dilakukan orang tua untuk merangsang perkembangan anak, salah satunya dengan mengaplikasikan kegiatan yang menyenangkan,yaitu bermain sambil belajar dan menggunakan media yang menarik. Hal tersebut dapat mendukung perkembangan anak, seperti perkembangan moral spritual, sosial-emosional, sensori motor, kognitif, bahasa, dan seni. Perkembangan tersebut akan berdampak pada peningkatan kemampuan berfikir logis, kritis, kreatif serta kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama.

Selain itu orang tua juga harus memperhatikan perkembangan fisik dan psikologis anak atau milestones. Hal tersebut penting dilakukan agar dapat dilalui dengan baik agar anak dapat berkembang dengan optimal dimasa depan. Ahli psikologi menyarankan orang tua untuk senantiasa memberikan pendampingan yang sesuai untuk anak pada masa ini. Orang tua disarankan agar bisa memposisikan diri sebagai orang tua, sahabat atau teman bermain. Ketiga peran tersebut amat dibutuhkan sesuai pada perkembangan usia anak. Selain itu, orang tua juga harus pandai melakukan pengawasan, baik di rumah maupun di lingkungan bermain anak.

Keterlibatan keluarga, khususnya orang tua sangat diharapkan untuk melejitkan perkembangan pada masa keemasan anak karena pada usia 0-6 tahun anak mengalami perkembangan otak yang pesat. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2017 Tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan. Terlibatnya orang tua dalam setiap kegiatan anak menjadi investasi terbesar anak siap menjalani kehidupan dimasa yang akan datang.

Keterlibatan orang tua pada lembaga sekolah menjadi sangat penting. Keterlibatan orang tua pada kegiatan yang diselengarakan oleh sekolah memberikan banyak manfaat, salah satunya dapat memahami tahap perkembangan dan kesiapan belajar anak. Anak-anak memiliki perbedaan di setiap tahap perkembangan dan kesiapan belajar. Selain itu, orang tua dapat melakukan pengulangan pembiasaan positif di rumah agar pengembangan yang diberikan dilingkungan sekolah dan lingkungan rumah selaras dengan perkembangan anak. Orang tua dan pihak sekolah dapat saling asah, asih, dan asuh untuk mengembangkan segala aspek perkembangan dan potensi anak.

Pada saat ini pendidikan keluarga sangat penting. Hal tersebut berdasarkan perkembangan zaman yang semakin canggih. Anak-anak membutuhkan pendampingan orang tua, yaitu turut terlibat disetiap kegiatan anak di rumah serta terlibat dalam kegiatan yang dilaksanakan sekolah. Keterlibatan orang tua akan membawa dampak positif perkembangan anak untuk membentuk pondasi pembentukan karakter bagi kehidupan anak di masa depan.


Ketersediaan
113302020649.5 ERF p c.1My Library (600)Tersedia
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
649.5 ERF p c.1
Penerbit
YOGYAKARTA : Naafi\' Book Media., 2014
Deskripsi Fisik
128hlm:13x19 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-18340-9-1
Klasifikasi
649.5 ERF p c.1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet 1
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Komentar

You must be logged in to post a comment

PERPUSTAKAAN DAN LITERASI GRIDUTA
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer science, information & general works
  • Philosophy & psychology
  • Religion
  • Social sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied sciences
  • Arts & recreation
  • Literature
  • History & geography
Advanced Search