Text
Interaksi Belajar Mengajar Bahasa dan Sastra Indonesia
Mendeskripsikan wujud interaksi kelas dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas V SD Inpres Bakengkeng Kecamatan Kalukku Kabupaten Mamuju. (2) Mendeskripsikan problematik yang dialami dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas V SD Inpres Bakengkeng Kecamatan Kalukku Kabupaten Mauju, (3) Mendeskripsikan kompetensi guru dalam mengelola kelas dalam pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah hasil pengamatan yang telah dilakukan penelitian berupa penggamatan langsung terhadap kinerja guru dalam mengelola kelas khusus pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Teknik pengumpulan data adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, teknik catatan, studi dokumentasi, ketiganya atau triagulasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan didasarkan pada indikator deskriptor dan aspek yang diteliti.
Akhirnya, disarankan (1) perlunya guru bahasa dan sastra indonesia tetap mempertahankan kompetensi mengelola interaksi kelas pembelajaran bahasa dan saatra pada ketiga aspek yang diteliti, bahkan lebih di tingkatkan lagi pada indikator yang dianggap belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik, (2) perlu kerja sama dinas pendidikan nasional kota dengan pihak sekolah untuk meningkatkan kualitas mengajar guru melalui wadah KKG, pendidikan dan penelitian pada tingkat daerah maupun tingkat nasional, (3) penelitian ini di harapkan menjadi bahan acuan bagi guru mata pelajaran yang akan mengadakan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dan relevan, khususnya penelitian yang lebih luas tentang kompetensi guru mengelola interaksi kelas dalam pembelajaran bahasa dan sastra indonesia. (4) hasil penelitian ini dapat di dokumentasikan di dinas pendidikan nasional kabupaten, terutama di sekolah.
110192020 | 400NYOic1 | My Library (400) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain